SIlABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidkan : Madrasah Aliyah
Kelas / semester : X / GANJIL
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Alokasi waktu : 51 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 1. Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1.1 Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut para ahli | · Pengertian al-Qur'an menurut bahasa · Pengertian secara istilah menurut pendapat para ahli: - Muh Abduh - Subhi As- Shalih - M.Quraisy Syihab - Hasbi Ash-Shiddiqi - M.Hudhori Beik | · Tanya jawab tentang pengertian al-Qur'an menurut bahasa. · Membaca literatur untuk menggali pendapat para ahli tentang pengertian al-Qur'an · Mendiskusikan persamaan dan perbedaan pengertian al-Qur'an. · Membuat kesepakatan tentang pengertian al-Qur’an | · Menunjukkan pengertian al-Qur’an menurut bahasa · Menjelaskan pengertian al-Qur’an secara istilah menurut pendapat para ahli. · Menguraikan persamaan dan perbedaan pengertian al-Qur’an dari para ahli · Menyimpulkan pengertian al-Qur’an dari beberapa pendapat para ahli. | · Jenis Tagihan: · Tes Tulis · Bentuk Instrumen · Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa, · Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya · Depag, al-Qur’an dan Tafsirnya · Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur’an · TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu al-Qur’an · buku di perpustakaan · Internet · Dll |
1.2 Membuktikan keautentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya | · Bukti keautentikan al-Qur’an ditinjau dari: - Bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri - Buki-bukti kesejarahan · Bukti kebenaran al-Qur’an, ditinjau dari tiga aspek: - aspek keindahan dan ketelitian redaksi-redaksinya - aspek pemberitaan gaibnya - Aspek isyarat ilmiahnya. | · Siswa diagi beberapa kelompok. · Semua kelmpok membaca literatur untuk menemukan pemahaman tentang keautentikan al-Qur’an · Memperhatikan tayangan melalui media audio visual tentang kemukjizatan al-Quir’an sambil mencatat inti materi · Tanya jawab tentang pengertian mukjizat. · Mendiskusikan masalah keautentikan al-Qur’an ditinjau dari bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri - buki-bukti kesejarahan - Bukti kebenaran al-Qur’an. · Menyimpulkan hasil diskusi kelompok | · Menjelaskan pengertian mukjizat menurut Bahasa dan istilah · Menjelaskan keautentikan al-Qur’an berdasarkan bukti-bukti al-Qur’an sendiri. · Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari sejarah turun sampai pembukuannya. · Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari segi keindahan dan ketelitian redaksinya · Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari aspek pemberitaan gaibnya · Menjelaskan keautentikan al-Qur’an aspek isyarat ilmiahnya | · · Jenis Tagihan: · Tes Tulis · Bentuk Instrumen · Tes obyektif · Tes Subyektif | 2x45 menit | |
1.3 Menunjukkan prilaku orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an | · QS. Ath-Thur:34; QS Huud: 13; QS Yunus: 38; dan QS Al-Baqarah: 23. | · Tanya jawab tentang bukti-bukti kebenaran al-Qur’an. · Siswa diagi menjadi beberapa kelompok. · Membaca ayat yang berkaitan dengan bukti-bukti kebenaran al-Qur’an QS. Ath-Thur:34; QS Huud: 13; QS Yunus: 38; dan QS Al-Baqarah: 23. · Secara berpasangan saling menyimak kemampuan mengartikan makna mufrodat dan terjemah masing-masing ayat. · Mendiskusikan kandungan ayat dan · bukti kebenaran al-Qur’an | · Menjelaskan bahwa al- Qur’an merupakan wahyu Allah, bukan buatan Nabi Muhammad saw. · Menunjukkan bukti kebenaran al-Qur’an yang dikemukakan dalam ayat berisi tantangan yang sifatnya bertahap · Menunjukkan contoh orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an · Menggunakan al-Qur’an seagai pedoman dalam menyelesaikan permasalahan. | · Jenis Tagihan: · Tes Tulis · Bentuk Instrumen · Tes obyektif · Tes Subyektif | 2 x 45 Menit | · Buku pelajaran siswa, · Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya · Depag, al-Qur’an dan Tafsirnya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah · Referensi perpustakaan · Internet |
Standar Kompetensi : 2. Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
2.1 Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur’an | · Isi pokok al-Qur’an meliputi - Aqidah - Ibadah dan Muamalah - Akhlak - Hukum - Sejarah - Isyarat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi | · Studi pustaka untuk menggali materi yang berkaitan dengan isi pokok al-Qur’an · Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok · Masing-masing kelomok melaksanakan tanya jawab tentang isi pokok al-Qur’an secara garis besar. · Membahas satu persatu dari masing-masing isi pokok al-Qur’an · Menyimpulkan hasil diskusi kelompok. | · Menyebutkan isi pokok- al-Qur’an · Menjelaskan maksud aqidah · Menjelaskan maksud ibadah dan muamalah · Menjelaskan maksud akhlak · Menjelaskan maksud hukum · Menjelaskan maksud sejarah · Menjelaskan isyarat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. | · Jenis Tagihan: -Tes Tulis · Bentuk Instrumen Tes Subyektif | 2 x 45 Menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya · Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an · M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an · Referensi perpustakaan · Internet |
2.2 Menunjukkan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an | - QS Al-Ikhlash:1-4 - QS Al-Fatihah:5 - QS.Al-Qalam:4 dan QS Al-Ahzab:21 - QS An Nisa’:105 - QS Al-Furqan : 37-39 - QS Az-Zumar:9 | · Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. · Masing-masing kelompok membaca ayat tentang poko isi al-Qur’an dan saling menyimak sambil membetulkan bacaan apabila ada bacaan yang salah. · Tanya jawab makna mufrodat ayat · Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an | · Membaca masing-masing ayat secara fasih. · Menyebutkan makna mufrodat masing-masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an · Mengartikan -QS Al-Ikhlash:1-4 · Mengartikan QS Al-Fatihah:5 · MengartikanQS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21 · MengartikanQS An Nisa’:105 · MengartikanQS Al-Furqan : 37-39 · MengartikanQS Az-Zumar:9 | · Jenis Tagihan: -Tes Tulis · Bentuk Instrumen Tes Subyektif Tes obyektif | 2 x 45 Menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah. · Referensi perpustakaan · Internet · Dll. |
2.3 Menjelaskan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an | Penjelasan dari: - QS Al-Ikhlash:1-4 - QS Al-Fatihah:5 - QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21 - QS An Nisa’:105 - QS Al-Furqan : 37-39 - QS Az-Zumar:9 | · Membaca literatur yang berkaitan dengan tafsir al-Qur’an · Secara berkelompok mendiskusikan kandungan masing –masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an. · Menyimpulkan hasil diskusi | · Menjelaskan kewajiban mengesa-kan Allah sebagaimana dalam QS Al-Ihlas:1-4 · Menjelaskan kewajiban beribadah dan memohon pertolongan hanya kepada Allah dalam QS.Al-Fatihah:5 · Menjelaskan kewajiban berakhlak baik dan meneladani akhlak Rasu-lullah dalam QS.al-Qalam:4 dan QS Al-Ahzab:21 · Menjelaskan kisah-kisah para Nabi terdahulu dalam QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21 · Menjelaskan isyarat mengembang-kan ilmu pengetahuan dalam QS Az-Zumar:9 | · Jenis Tagihan: -Tes Tulis -Tugas · Bentuk Instrumen Tes Subyektif Tugas indvidual | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah. · Referensi perpustakaan · Internet |
2.4 Menerapkan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran | · Kandungan dari: - QS Al-Ikhlash:1-4 - QS Al-Fatihah:5 - QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21 - QS An Nisa’:105 - QS Al-Furqan : 37-39 - QS Az-Zumar:9 | · Membaca literatur untuk menggali kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an. · Siswa dibagi beberapa kelompok. · Memperhatikan beberpa kejadian di lingkungan masyarakat melalui beberapa sumber belajar. · Mendiskusikan bagai-mana menerapkan kan-dungan QS al-Ikhlash: 1-4; QS Al-Fatihah:5; QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21; QS An- Nisa’:105; QS Al-Furqan : 37-39; QS Az-Zumar:9 dalam kehidupan sehari-hari. | · Membuktikan dalam kehidupan untuk tidak melakukan perbuatan syirik. · Melaksanakan ibadah hanya karena Allah. · Menunjukkan sikap hanya kepada Allah memohon pertolongan. · Membiasakan berakhlak yang mulia dalam kehidupan. · Menggunakan al-Qur’an sebagai penegak hukum. · Menyimpulkan kisah-kisah para Nabi . · Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi | · Jenis Tagihan: -Tes Tulis -Tugas · Bentuk Instrumen Tes Subyektif Tugas indvidual | 2x45 menit |
Standar Kompetensi : 3. Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
3.1. Mendeskripsi-kan fungsi al-Qur’an | · Fungsi al-Qur'an sebagai : - Petunjuk bagi manusia - Sumber hukum - peringatan dan pelajaran bagi manusia. | · Membaca materi yang berkaitan dengan fungsi al-Qur’an · Tanya jawab tentang fungsi al-Qur'an secara garis besar. · Membahas satu persatu dari fungsi al-Qur’an | · Menjelaskan fungsi al-Qur’an bagi kehidupan manusia · Menguraikan fungsi al-Qur’an sebagai sumber hukum · Menjelaskan Fungsi al-Qur’an sebagai petunjuk · Menjelaskan fungsi al-Qur’an sebagai peringatan dan pelajaran. | · Jenis Tagihan: -Tes Tulis · Bentuk Instrumen : Tes Subyektif | 1x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya · M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an · Referensi perpustakaan · Internet |
3.2. Menunjukkan perilaku orang yang menfungsikan al-Qur’an | · Dalil fungsi al-Qur’an: - Sebagai petunjuk QS Al-Baqarah:185 - Sumber hukum QS Al-Maidah:8 - Peringatan dan pelajaran QS Asy-Syura:38. | · Secara klassikal siswa membaca ayat yang ter-kait dengan fungsi al-Qur’an · Tanya jawab makna mufradat secara berpasangan untuk mengartikan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an · Secara berkelompok mendiskusikan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an. | · Menjelaskan perilaku orang yang menggunakan al-Qur’an sebagai petunjuk. · Menunjukkan orang yang menyelesaikan masalah dengan berpedoman pada al-Qur’an. · Menceritakan pengalaman orang yang memperoleh peringatan dan pelajaran dari perbuatannya yang salah setelah memahami kandungan ayat al-Qur’an | · Jenis Tagihan: -Tes Tulis · Bentuk Instrumen -Tes Subyektif | 1x45 menit | |
3.3. Menerapkan fungsi al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari | · Penjelasan/Tafsir dari: - QS Al-Baqarah:185 - QS Al-Maidah:8 - QS Asy- Syura:38. | · Secara berkelompok mendiskusikan penerapan kandungan masing –masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an. | · Menggunakan al-Qur’an sebagai petunjuk dalam menyelesaiakan masalah · Menerapkan penyelesaian hukum berdasarkan al-Qur’an · Menceritakan pengalaman mengenai penyelesaian masalah yang dihadapi setelah membaca al-Qur’an sebagai peringatan. · Menceritakan pengalaman mengenai penyelesaian masalah yang dihadapi setelah membaca al-Qur’an sebagai peringatan. · Mengemukakan pengalaman bahwa al-Qur’an mengandung pelajaran untuk pedoman hidup. | · Jenis Tagihan: -Tes Tulis · Bentuk Instrumen : Tes Subyektif | 2x45 menit |
Standar Kompetensi : 4. Memahami cara-cara mencari surat dan ayat al-Qur'an
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
4.1.Menunjuk-kan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari ayat dalam Al-Qur’an | · Penjelasan Kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman. · Serta CD al-Qur'an | · Mencari dan menunjukkan kitab · Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman. · Mendengarkan cara mencari ayat al-Qur'an dengaan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman. · Tanya jawab tentang penggunaan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman.dalam mencari ayat | · Menunjukkan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an · Menunjukkan kitab Fath ar-Rahman. · Menjelaskan cara menggunakan kitab Fathurrahman untuk mencari ayat-ayat dalam al-Qur’an. · Menjelaskan cara menggunakan Mu'jam al-Mufahras li alfadzil Qur'an untuk mencari ayat-ayat dalam al-Qur’an. | · Jenis Tagihan: Tes Tulis · Bentuk Instrumen : Tes Subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya · Al-Qur'anul Kariim · Muhammad Fuad Abdul aaqii, Mu'jam Al-Mufahras lialfaadzil qur'anul Karim. · Fath Ar-Rahman · CD al-Qur'an |
4.2.Menerapkan cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an | · Cara menggunakan Kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman. · CD al-Qur'an | · Secara berkelompok mempraktekkan mencari beberapa ayat yang ditugaskan guru dengan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman | · Menunjukkan ayat yang dicari dengan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan kitab Fath ar-Rahman | · Jenis Tagihan: Tes unjuk kerja · Bentuk : Instrumen Uji petik kerja | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya · Al-Qur'anul Kariim · Muhammad Fuad Abdul aaqii, Mu'jam Al-Mufahras lialfaadzil qur'anul Karim. · Fath Ar-Rahman · CD al-Qur'an |
Standar Kompetensi : 5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
5.1 Mengartikan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56 | · Arti -QS. Al-Mukminun: - 12-14, QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56 | · Membaca ayat tentang proses penciptaan manusia dan potensinya serta tugasnya sebagai khalifah di bumi . · Tanya jawab makna mufrodat secara klassikal. · Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan manusia dan tugasnya sebagai khalifah | · Membaca QS. Al-Mukminun:12-14; · Membaca QS. Al-Nahl:78; · Membaca QS.Al-Baqarah:30 · Membaca QS Adz-Dzariyat: 56 · Menyebutkan makna mufradat · Mengartikan QS. Al-Mukminun:12-14 · Mengartikan QS. Al-Nahl:78 · MengartiakanQS.Al-Baqarah:30 · Mengartikan QS Adz-Dzariyat: 56 | · Jenis Tagihan: Tes Tulis · Bentuk instrumen: Tes Obyektif Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya · Mahmud Yunus,Kamus Bahasa Arab. · Referensi perpustakaan |
5.2 Menjelaskan kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56 | · Kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56 | · Menggali informasi mengenai proses penciptaan manudsia dan potensinya dari berbagai sumber belajar. · Menggali informasi tentang fungsi dan tugas manusia. · Membahas satu persatu kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56 dengan tanya jawab dan diskusi kelompok | · Menjelaskan kandungan ayat tentang perkembangan kejadian manusia sebagaimana terkandung dalam QS. Al-Mukminun:12-14 · Menjelaskan kandungan ayat tentang potensi manusia seperti terkandung dalam QS An-Nahl:78 · Menjelaskan kandungan ayat tentang fungsi manusia sebagai khalifah sebagaimana yang terkandung dalam QS.Al-Baqarah:30 · Menjelaskan kandungan ayat tentang tugas manusia sebagaimana terkandung dalam QS Adz-Dzariyat: 56 | · Jenis Tagihan: Tes Tulis · Bentuk instrumen: Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah. · Referensi perpustakaan · Internet · Lingkungan sosial · Media audio visual |
5.3 Menerapkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56 | · Fungsi manusia sebagai kholifah: - membudayakan alam. - mengislamkan budaya. · Tugas manusia beribadah: - melaksanakan perintah dan menjahui larangan Allah - meningkatkan kualitas ibadah. | · Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan kandungan masing –masing ayat. - QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56 · Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat. | · Senantiasa berperilaku baik yang didasari kesadaran akan kehadiran Allah yang dipetik dari kandungan QS. Al-Mu’minun: 12-14 · Menggunakan beberapa potensi yang ada pada diri manusia (pendengaran, penglihatan dan hati) sesuai ajaran Islam · Menggunakan sumber alam sebagai bukti melaksanakan kemakmuran di muka bumi. · Mengembangkan nilai budaya dengan mempertahankan nilai-nilai Islam. · Membiasakan diri melaksanakan perintah dan menjahui larangan. · Menerapkan peningkatan kualitas ibadah pada setiap harinya. | · Jenis Tagihan: - -Tes Tulis - -Tugas · Bentuk instrumen - -Tes subyektif - -Tugas | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah. · Referensi perpustakaan · Internet · Lingkungan sosial · Media audio visual |
Standar Kompetensi : 6. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang Demokrasi
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
6.1. Mengartikan QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38 | · Arti QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38. | · Membaca ayat tentang demokrasi. · Tanya jawab makna mufrodat secara klassikal. · Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan demokrasi | · Membaca QS.Ali Imran 159 · Membaca QS. Asy Syura: 38 · Menyebutkan makna mufrodat · Mengartikan QS.Ali Imran 159 · Mengartikan QS. Asy Syura: 38 | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya · Mahmud Yunus,Kamus Bahasa Arab. · Referensi perpustakaan |
6.2. Menjelas-kan kandungan QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura : 38. | · Kandungan QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38. | · Menggali informasi mengenai demokrasi dan pelaksanaannya dari berbagai sumber belajar. · Membahas satu persatu kandungan QS. Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38.dengan tanya jawab dan diskusi kelompok | · Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap pemimpin yang lemah lembut sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159 · Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap pemaaf sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159 · Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap tawakkal setelah bermusyawarah sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159 · Menjelaskan kandungan ayat tentang pelaksanaan musyawarah sebagaimana terkandung dalam QS. Asy-Syura:38 | · Jenis Tagihan: - -Tes Tulis · Bentuk instrumen - -Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah. · Referensi perpustakaan · Internet · Lingkungan sosial · Media audio visual |
6.3. Menerapkan perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38. dalam kehidupan sehari-hari | · Perilaku hidup demokrasi dengan cara diantaranya: · Bersikap lemah lembut · Melaksanakan musyawarah · Menerpkan hasil kesepakatan musyawarah | · Secara berkelompok berdiskusi bagaimana menerapkan kandungan masing –masing ayat dari QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38. · Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat. | · Bersikap menghargai pendapat orang lain · Menampilkan perilaku lembah lembut dalam menyelesaikan masalah. · Melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan pada saat menyelesaikan masalah. · Bersikap bijaksana dalam dalam mengambil keputusan · Menerapkan hasil keputusan musyawarah secara bertanggungjawab. · Melaksanakan hasil kesepakatan musyawarah dengan bertawakkal kepada Allah | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis - Tugas · Bentuk instrumen - Tes subyektif - Tugas individu | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah. · Referensi perpustakaan · Internet · Lingkungan sosial · Media audio visual |
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
SIlABUS PROGRAM MA
Satuan Pendidkan : Madrasah Aliyah
Kelas / semester : X / GENAP
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits.
Alokasi waktu : 34 jam pelajaran
Standar Kompetensi : 7. Memahami istilah-istilah hadits
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
7.1. Mendefinisikan pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi. | · Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut bahasa. · Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut istilah | · Tanya jawab tentang pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut bahasa. · Membaca literatur mengenai pendapat para ahli tentang pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut istilah | · Menunjukkan pengertian Hadits, Sunnah , khabar dan Atsar menurut bahasa · Menjelaskan pengertian Hadits menurut istilah · Menjelaskan pengertian Sunnah menurut istilah · Menjelaskan pengertian khabar menurut istilah · Menjelaskan pengertian Atsar menurut istilah · Menjelaskan pengertian Hadits Qudsi menurut istilah · Mendefinisikan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar menurut istilah | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen: - Tes subyektif - Tes obyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Azhar Basyir, · Rangkuman · Ilmu Mustholah · Hadis · M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis · Referensi di perpustakaan · Internet |
7.2. Membanding kan pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi. | · Persamaan dan perbedaan Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar. | · Secara berkelompok mengidentifikasi Persamaan dan perbedaan Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar. | · Mengidentifikasi ciri pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis Qudsi · Membedakan pengertian Hadis, Sunnah, Khabar dan Atsar serta hadis Qudsi | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif - Tes obyektif | 2x45 menit | |
7.3. Menerapkan pengertian Hadits, Sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi. | · Beberapa bacaan Hadits yang lengkap sanad matan dan rowinya | · Secara berkelompok berdiskusi untuk menentukan masing-masing Hadits, Sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi. | · -Menunjukkan sabda Nabi yang termasuk hadits · Menunjukkan sabda Nabi yang termasuk sunnah qauliyah · Menunjukkan lafadz hadits yang termasuk termasuk sunnah fi’liyah · Menunjukkan lafadz hadits yang termasuk sunnah taqririyah · Menunjukkan lafadz dalam hadits yang termasuk khabar · Menunjukkan lafadz dalam hadits yang termasuk atsar | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Azhar Basyir, · Rangkuman · Ilmu Mustholah · Hadis · M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis · TM Hasbi Ashshiddiqi , Sejarah/Pengantar Ilmu Hadis · Referensi di perpustakaan · Internet |
Standar Kompetensi : 8. Memahami sanad dan matan hadits
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
8.1.Menjelaskan pengertian sanad dan matan. | · Pengertian sanad dan matan menurut bahasa dan istilah | · Tanya jawab tentang · pengertian sanad dan matan menurut bahasa. · Membaca literatur untuk menggali pendapat para ahli tentang pengertian sanad dan matan menurut istilah · Tanya jawab secara klassikal dan mendengarkan penjelasan mengenai pengertian sanad dan matan menurut istilah. | · Menunjukkan pengertian sanad dan matan menurut bahasa · Menjelaskan pengertian sanad dan matan menurut istilah · Membedakan istilah sanad dan rawi dalam hadis | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Azhar Basyir, · Rangkuman · Ilmu Mustholah · Hadis · M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis · TM Hasbi Ashshiddiqi , Sejarah/Pengantar Ilmu Hadis · Referensi di perpustakaan · Internet |
8.2.Menunjuk-kan sanad dan matan dalam hadits | · Beberapa bacaan Hadits yang lengkap sanad matan dan rowinya | · Secara berkelompok membaca dan meneliti lafadz hadits Nabi. · Menentukan sanad dan matan dalam setiap hadits Nabi. | · Mengidentifikasi sanad dan matan dalam hadis. · Menentukan sanad dalam hadits · Menentukan matan dalam hadits | · Jenis Tagihan: - Tugas · Bentuk instrumen - Tes subyektif | 2x45 menit |
Standar Kompetensi : 9. Mendeskripsikan fungsi hadits terhadap al-Qur’an
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
9.1. Menjelaskan fungsi hadits terhadap al-Qur’an | · Kedudukan hadis sebagai sumber hukum Islam ke dua. · Macam fungsi hadis terhadap al-Qur'an: - Bayan At-Taqrir - Bayan At-Tafsir - Bayan At-Tasyri' | · Membaca literartur untuk menggali materi yang berkaitan dengan kedudukan dan fungsi hadits terhadap al-Qur’an · Tanya jawab dan mendengar penjelasan tentang pengertian masing-masing fungsi hadits terhadap al-Qur’an · Berdiskusi kelompok untuk membahas masalah yang terkait dengan fungsi hadits | · Menjelaskan kedudukan hadis sebagai sumber hukum Islam . · Menjelaskan fungsi hadits sebagai bayan at-taqrir · Menjelaskan fungsi hadits sebagai bayan at-tafsir · Menjelaskan fungsi hadits sebagai bayan at-tasyri’ | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Azhar Basyir, · Rangkuman · Ilmu Mustholah · Hadis · M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis · Hadis, Jakarta: Bulan Bintang · Referensi di perpustakaan · Internet |
9.2. Menunjuk-kan contoh fungsi hadits terhadap al-Qur’an. | · Contoh Bayan At-Taqrir · Contoh Bayan At-Tafsir · ContohBayan At-Tasyri' | · Tanya jawab dan berdiskusi membahas contoh masing-masing fungsi hadits terhadap al-Qur’an. | · Menunjukkan contoh fungsi hadits sebagai bayan At-Taqrir · Menunjukkan contoh fungsi hadits sebagai bayan At-Tafsir · Menunjukkan contoh fungsi hadits sebagai bayan At-Tasyri’ | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Azhar Basyir, · Rangkuman · Ilmu Mustholah · Hadis · M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis · Referensi di perpustakaan · Internet |
9.3. Menerapkan fungsi hadits terhadap al-Qur’an. | · Penerapan Bayan At-Taqrir; Bayan At-Tafsir dan Bayan At-Tasyri' | · Berdiskusi mengenai pelaksanaan fungsi hadits terhadap al-Qur’an dalam kehidupan, yang berkaitan dalam masalah ibadah maupun hukum | · Menentukan waktu awal dan akhir ramadhan berdasarkan hadits sebagai pelaksanaan bayan at-taqrir · Melaksanakan hukuman untuk pencuri berdasarkan hadits sebagai pelaksanaan bayan at-tafsir · Menetapkan hukum menikahin wanita karena sepersusuan berdasarkan hadits sebagai bayan at-tasyri’ | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Azhar Basyir, · Rangkuman · Ilmu Mustholah · Hadis · M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis · Referensi di perpustakaan · Internet |
Standar Kompetensi : 10. Memahami pembagian hadits dari segi kuantitas dan kualitasnya
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
10.1. Menjelaskan pembagian hadits dari segi kuantitas-nya. | · Pembagian hadits dari segi kuantitasnya: - Hadits Mutawatir - Hadits Masyhur - Hadits ’aziz - Hadits gharib | · Membaca literartur untuk menggali materi yang berkaitan dengan pembagian hadits dari segi kuantitasnya · Tanya jawab dan mendengar penjelasan tentang pengertian masing-masing hadits ditinjau dari segi kuantitasnya | · Menjelaskan pengertian hadits Mutawatir · Menjelaskan pengertian hadits Masyhur · Menjelaskan pengertian hadits ’Aziz · Menjelaskan pengertian hadits gharib | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Azhar Basyir, · Rangkuman · Ilmu Mustholah Hadis · M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis · Referensi di perpustakaan |
10.2.Menjelaskan pembagian hadits dari segi kualitasnya | · Pembagian hadits dari segi kualitasnya: - Hadits Shohih - Hadits Hasan - Hadits Dho’ if | · Membaca literartur untuk menggali materi yang berkaitan dengan pembagian hadits ditinjau dari segi kualitasnya · Tanya jawab dan mendengar penjelasan tentang pengertian masing-masing hadits ditinjau dari segi kualitasnya beserta ciri-cirinya | · Menjelaskan pengertian hadits shohih · Menjelaskan pengertian hadits hasan · Menjelaskan pengertian hadits dho’if · Menerangkan ciri-ciri hadits shohih · Menerangkan ciri-ciri hadits hasan · Menerangkan ciri-ciri hadits dha’if | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif - Tes obyektif | 2x 45 menit | · Buku pelajaran siswa · Azhar Basyir, · Rangkuman · Ilmu Mustholah Hadis · M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis · TM Hasbi Ashshiddiqi, Pokok-Pokok Ilmu Dirayah Hadis, Jakarta: Bulan Bintang · Referensi di perpustakaan · Internet |
Standar Kompetensi : 11. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
11.1. Mengartikan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah. | · Arti Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah. | · Membaca ayat tentang keikhlasan dalam beribadah · Tanya jawab makna mufrodat secara klassikal. · Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan keikhlasan dalam beribadah | · Membaca QS. Al-An’am: 162-163 · Membaca QS. . Al-Bayyinah: 5 · Membaca hadits tentang keikhlasan dalam beribadah. · Menyebutkan makna mufradat · Mengartikan QS. Al-An’am: 162-163 · Mengartikan QS. Al-Bayyinah: 5 · Mengartikan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah. | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif - Tes obyektif | 2x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah. · Referensi perpustakaan · Internet |
11.2.Menjelaskan kandungan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah | · Penjelasan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah · Yang menegaskan perintah hanya menyembah Allah dan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus dan ikhlas. | · Menggali informasi mengenai ikhlas dalam beribadah dari berbagai sumber belajar. · Membahas satu persatu kandungan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dengan tanya jawab dan diskusi kelompok | · Menjelaskan kandungan ayat tentang tentang sholat, ibadah, hidup dan mati manusia hanya untuk Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Al-An’am :162 · Menjelaskan kandungan ayat tentang larangan syirik seperti terkandung dalam QS Al-An’am : 163 · Menjelaskan kandungan ayat tentang memurnikan ketauhidan sebagaimana yang terkandung dalam QS.Al-Bayyinah :5 · Menjelaskan kandungan ayat tentang · perintah mendirikan sholat sebagaimana terkandung dalam QS Al-Bayyinah:5 · Menjelaskan kandungan ayat tentang · perintah mendirikan sholat sebagaimana terkandung dalam QS Al-Bayyinah:5 · Menjelaskan kandungan hadits tentang ikhlas dan istiqomah sebagaimana terkandung dalam hadits tentang ikhlas dalam ibadah | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis · Bentuk instrumen - Tes subyektif - Tes obyektif | 4x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah. · Referensi perpustakaan · Internet |
11.3.Menunjukkan perilaku orang yang mengamal-kan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah. | · Contoh-contoh orang yang hanya menyembah Allah dan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus dan ikhlas. | · Memperhatikan tayangan melalui media audio visual sosok orang yang ikhlas. · Secara berkelompok berdiskusi mengenai ciri-ciri sosok orang yang memiliki keikhlasan dalam beribadah dan memurnikan ketauhidan sebagaimana terkandung dalam Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah. · Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat. | · Menunjukkan figur ulama yang dalam menghadapi kehidupannya menampilkan perilaku memurnikan ketauhidan kepada Allah. · Menunjukkan sosok manusia yang dalam sholat, ibadah, dan segala aktifitasnya hanya untuk mencari ridlo Allah · Menunjukkan perilaku orang yang khusyu dan istiqomah dalam sholat. · Menunjukkan perilaku orang yang secara nyata menunaikan zakat apabila mencapai nisabnya dan gemar bershodaqah. · Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan ibadah puasa secara istiqomah. · Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan ibadah ib · Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan,membaca al-Qur’an secara istiqomah. | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis - Tugas · Bentuk instrumen - Tes subyektif - Tugas individu | 4x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah. · Referensi perpustakaan · Internet · Lingkungan sosial · Media audio visual · Media cetak |
11.4.Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti yang terkandung dalam QS. Al-An’am: 162-163 ; Q.S. Al- Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah. | · Contoh-contoh orang yang hanya menyembah Allah dan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus dan ikhlas. | · Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan kandungan masing –masing ayat dari · Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dan menjauhkan dari sifat syirik. · Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat | · Menerapkan sholat wajib 5 waktu tepat waktu tanpa disuruh · Melaksanakan ibadah sunnah dengan istiqomah · Meningkatkan kualitas ibadah sebagai wujud ketaatannya kepada Allah · Memberikan bantuan materi secara spontanitas dalam berbagai aktifitas sosial. · Melakukan perbuatan sebagai perwujudan dari sikap kepedulian sosial yang tinggi dalam situasi kondisi apapun · Melakukan aktifitas kehidupan jauh dari sifat syirik · Melaksanakan tugas bukan karena pujian manusia. · Mengerjakan kewajiban dalam hidup bukan karena ingin mendapatkan materi · Melaksanakan segala aktifitas hanya mengharapkan ridlo Allah. | · Jenis Tagihan: - Tes Tulis - Tugas · Bentuk instrumen - Tes subyektif - Tugas individu | 4x45 menit | · Buku pelajaran siswa · Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya · Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas · Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia · M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah. · Referensi perpustakaan · Internet · Lingkungan sosial · Media audio visual · Media cetak |
Mengetahui, Kepala MA …………………………… | | …………….. …….., 20….. Guru Mata Pelajaran …………………………… |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar