Selasa, 07 Juni 2011

silabus Al-Qur'an Hadits MA




                                                                                                                       

                           

 
SIlABUS PEMBELAJARAN

Satuan Pendidkan        :  Madrasah Aliyah
Kelas / semester           :  X / GANJIL
Mata Pelajaran             :  Qur'an Hadits
Alokasi waktu               :  51 jam pelajaran
Standar Kompetensi     :  1. Memahami pengertian Al-Qur’an dan bukti keotentikannya

KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1   Menjelaskan pengertian al-Qur’an menurut para ahli
·   Pengertian al-Qur'an menurut bahasa
·   Pengertian  secara istilah menurut pendapat para ahli:
-    Muh Abduh
-    Subhi As- Shalih
-    M.Quraisy Syihab
-    Hasbi Ash-Shiddiqi
-    M.Hudhori Beik
·   Tanya jawab tentang pengertian al-Qur'an menurut bahasa.
·   Membaca literatur untuk menggali  pendapat para ahli tentang pengertian al-Qur'an
·   Mendiskusikan  persamaan dan perbedaan pengertian al-Qur'an.
·   Membuat kesepakatan tentang pengertian al-Qur’an
·   Menunjukkan pengertian al-Qur’an menurut bahasa
·   Menjelaskan pengertian al-Qur’an  secara istilah menurut  pendapat para ahli.
·   Menguraikan persamaan dan perbedaan pengertian al-Qur’an dari para ahli
·   Menyimpulkan pengertian al-Qur’an dari beberapa pendapat para ahli.
·   Jenis Tagihan:

·   Tes Tulis


·   Bentuk Instrumen

·   Tes subyektif
2x45 menit

·   Buku pelajaran siswa,
·   Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
·   Depag, al-Qur’an dan Tafsirnya
·   Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur’an
·   TM. Hashbi Ash-Shiddiqi, Sejarah dan Pengantar Ilmu al-Qur’an
·   buku di perpustakaan
·   Internet
·   Dll
1.2   Membuktikan keautentikan al-Qur’an ditinjau dari segi keunikan redaksinya, kemukjizatannya, dan sejarahnya
·   Bukti keautentikan al-Qur’an ditinjau dari:
-    Bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
-    Buki-bukti kesejarahan
·   Bukti kebenaran al-Qur’an, ditinjau dari tiga aspek:
-    aspek keindahan dan ketelitian redaksi-redaksinya
-    aspek pemberitaan gaibnya
-    Aspek isyarat ilmiahnya.

·   Siswa diagi beberapa kelompok.
·   Semua kelmpok membaca literatur untuk menemukan pemahaman tentang keautentikan al-Qur’an
·   Memperhatikan tayangan melalui media audio visual tentang kemukjizatan al-Quir’an sambil mencatat inti materi
·   Tanya jawab tentang pengertian mukjizat.
·   Mendiskusikan masalah   keautentikan al-Qur’an ditinjau dari bukti-bukti dari al-Qur’an sendiri
-    buki-bukti    kesejarahan
-    Bukti kebenaran al-Qur’an.
·   Menyimpulkan hasil diskusi kelompok
·   Menjelaskan pengertian mukjizat menurut  Bahasa dan istilah
·   Menjelaskan keautentikan al-Qur’an berdasarkan  bukti-bukti al-Qur’an sendiri.
·   Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari sejarah turun sampai pembukuannya.
·   Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari segi keindahan dan ketelitian redaksinya
·   Menjelaskan keautentikan al-Qur’an dari aspek pemberitaan gaibnya
·   Menjelaskan keautentikan al-Qur’an aspek isyarat ilmiahnya
·    
·    Jenis Tagihan:
·   Tes Tulis

·   Bentuk Instrumen

·   Tes obyektif
·   Tes Subyektif
2x45 menit

1.3   Menunjukkan prilaku orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an

·   QS. Ath-Thur:34; QS Huud: 13; QS Yunus: 38; dan QS Al-Baqarah: 23. 

·   Tanya jawab tentang bukti-bukti kebenaran al-Qur’an.
·   Siswa diagi menjadi beberapa kelompok.
·   Membaca ayat yang berkaitan dengan bukti-bukti kebenaran al-Qur’an QS. Ath-Thur:34; QS Huud: 13; QS Yunus: 38; dan QS Al-Baqarah: 23. 
·   Secara berpasangan saling menyimak kemampuan mengartikan makna mufrodat dan terjemah masing-masing ayat.  
·   Mendiskusikan  kandungan ayat dan
·   bukti kebenaran al-Qur’an
·   Menjelaskan bahwa al- Qur’an merupakan wahyu Allah, bukan buatan Nabi Muhammad saw.
·   Menunjukkan  bukti kebenaran al-Qur’an yang dikemukakan dalam ayat  berisi  tantangan yang sifatnya bertahap
·   Menunjukkan  contoh orang yang meyakini kebenaran al-Qur’an
·   Menggunakan al-Qur’an seagai pedoman dalam menyelesaikan permasalahan.


·   Jenis Tagihan:
·   Tes Tulis
·   Bentuk Instrumen
·   Tes obyektif
·   Tes Subyektif



2 x 45 Menit
·   Buku pelajaran siswa,
·   Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
·   Depag, al-Qur’an dan Tafsirnya
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
·        K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul
·        M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah
·        Referensi perpustakaan
·        Internet




Standar Kompetensi     :  2. Memahami isi pokok ajaran al-Qur’an
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
2.1   Mengidentifikasi isi pokok ajaran al-Qur’an

·   Isi pokok al-Qur’an meliputi
-    Aqidah
-    Ibadah dan Muamalah
-    Akhlak
-    Hukum
-    Sejarah
-    Isyarat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
·   Studi pustaka untuk menggali materi yang berkaitan dengan isi pokok  al-Qur’an
·   Siswa dibagi menjadi  beberapa kelompok
·   Masing-masing kelomok melaksanakan tanya jawab tentang isi pokok  al-Qur’an secara garis besar.
·   Membahas satu persatu dari masing-masing isi pokok  al-Qur’an  
·   Menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
·   Menyebutkan isi pokok- al-Qur’an
·   Menjelaskan maksud aqidah
·   Menjelaskan maksud ibadah dan muamalah
·   Menjelaskan maksud akhlak
·   Menjelaskan maksud hukum
·   Menjelaskan maksud sejarah
·   Menjelaskan  isyarat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
·   Jenis Tagihan:
      -Tes Tulis


·   Bentuk Instrumen
      Tes        Subyektif

 2 x 45 Menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
·   Masyfuk Zuhdi,Pengantar ulumul Qur'an
·   M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an 
·   Referensi perpustakaan
·   Internet
2.2   Menunjukkan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an

-    QS Al-Ikhlash:1-4
-    QS Al-Fatihah:5
-    QS.Al-Qalam:4 dan QS Al-Ahzab:21
-    QS An Nisa’:105
-    QS Al-Furqan : 37-39
-    QS Az-Zumar:9
·   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
·   Masing-masing kelompok membaca ayat tentang poko isi al-Qur’an dan  saling menyimak sambil membetulkan bacaan apabila ada bacaan yang salah.
·   Tanya jawab makna mufrodat ayat
·   Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an
·   Membaca masing-masing ayat secara  fasih.
·   Menyebutkan makna mufrodat masing-masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an
·   Mengartikan -QS Al-Ikhlash:1-4
·   Mengartikan QS Al-Fatihah:5
·   MengartikanQS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
·   MengartikanQS An Nisa’:105
·   MengartikanQS Al-Furqan : 37-39
·   MengartikanQS Az-Zumar:9
·   Jenis Tagihan:
      -Tes Tulis


·   Bentuk Instrumen
Tes Subyektif
Tes obyektif
2 x 45 Menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
·   K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul
·   M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
·   Referensi perpustakaan
·   Internet
·   Dll.
2.3   Menjelaskan kandungan ayat  yang terkait dengan isi pokok ajaran al-Qur’an

Penjelasan dari:
-    QS Al-Ikhlash:1-4
-    QS Al-Fatihah:5
-    QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
-    QS An Nisa’:105
-    QS Al-Furqan : 37-39
-    QS Az-Zumar:9 
·   Membaca literatur yang berkaitan dengan tafsir  al-Qur’an
·   Secara berkelompok mendiskusikan kandungan masing –masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an.
·   Menyimpulkan hasil diskusi
·   Menjelaskan kewajiban mengesa-kan Allah sebagaimana dalam QS Al-Ihlas:1-4
·   Menjelaskan kewajiban beribadah dan memohon pertolongan hanya kepada Allah dalam QS.Al-Fatihah:5
·   Menjelaskan kewajiban berakhlak baik dan meneladani akhlak Rasu-lullah dalam QS.al-Qalam:4 dan QS Al-Ahzab:21
·   Menjelaskan kisah-kisah para Nabi terdahulu dalam QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
·   Menjelaskan isyarat mengembang-kan ilmu pengetahuan dalam QS Az-Zumar:9
·   Jenis Tagihan:
-Tes Tulis
-Tugas

·   Bentuk Instrumen
Tes Subyektif
Tugas indvidual
2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
·   K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul
·   M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
·   Referensi perpustakaan
·   Internet

2.4   Menerapkan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok ajaran
·   Kandungan dari:
-    QS Al-Ikhlash:1-4
-    QS Al-Fatihah:5
-    QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21
-    QS An Nisa’:105
-    QS Al-Furqan : 37-39
-    QS Az-Zumar:9  
·   Membaca literatur untuk menggali kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an.
·   Siswa dibagi beberapa kelompok.
·   Memperhatikan beberpa kejadian di lingkungan masyarakat melalui beberapa sumber belajar.
·   Mendiskusikan bagai-mana menerapkan kan-dungan  QS al-Ikhlash: 1-4; QS Al-Fatihah:5; QS.Al-Qalam:4 dan QSAl-Ahzab:21; QS An- Nisa’:105; QS Al-Furqan : 37-39; QS Az-Zumar:9    dalam kehidupan sehari-hari.
·   Membuktikan dalam kehidupan untuk tidak melakukan perbuatan syirik.
·   Melaksanakan ibadah hanya karena Allah.
·   Menunjukkan sikap hanya kepada Allah memohon pertolongan.
·   Membiasakan berakhlak yang mulia dalam kehidupan.
·   Menggunakan al-Qur’an sebagai penegak hukum.
·   Menyimpulkan kisah-kisah para Nabi .
·   Melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
·   Jenis Tagihan:
-Tes Tulis
-Tugas

·   Bentuk Instrumen
Tes Subyektif
Tugas indvidual
2x45 menit

Standar Kompetensi     : 3. Memahami fungsi al-Qur'an dalam kehidupan 
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
3.1.  Mendeskripsi-kan fungsi al-Qur’an

·   Fungsi al-Qur'an sebagai :
-    Petunjuk bagi   manusia
-    Sumber hukum
-    peringatan dan pelajaran bagi manusia.
·   Membaca materi yang berkaitan dengan fungsi al-Qur’an
·   Tanya jawab tentang fungsi al-Qur'an secara garis besar.
·   Membahas satu persatu dari fungsi  al-Qur’an
·   Menjelaskan  fungsi al-Qur’an bagi kehidupan manusia
·   Menguraikan fungsi al-Qur’an sebagai sumber hukum
·   Menjelaskan Fungsi al-Qur’an sebagai petunjuk
·   Menjelaskan fungsi al-Qur’an sebagai peringatan dan pelajaran.
·   Jenis Tagihan:      -Tes Tulis

·   Bentuk Instrumen :
    Tes Subyektif

1x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur’an dan Terjemahannya
·   M. Quraish Shihab, Membumikan al-Qur'an 
·   Referensi perpustakaan
·   Internet

3.2.  Menunjukkan  perilaku orang yang menfungsikan al-Qur’an


·   Dalil fungsi al-Qur’an:
-    Sebagai petunjuk QS Al-Baqarah:185
-    Sumber hukum QS Al-Maidah:8
-    Peringatan dan pelajaran QS Asy-Syura:38.
·   Secara klassikal siswa membaca ayat yang ter-kait dengan fungsi al-Qur’an
·   Tanya jawab makna mufradat secara berpasangan untuk mengartikan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an 
·   Secara berkelompok mendiskusikan kandungan ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an.
·   Menjelaskan perilaku orang yang menggunakan al-Qur’an sebagai petunjuk.
·   Menunjukkan orang yang menyelesaikan masalah dengan berpedoman pada al-Qur’an.
·   Menceritakan pengalaman orang yang memperoleh peringatan dan pelajaran dari perbuatannya yang salah  setelah memahami kandungan ayat al-Qur’an
·   Jenis Tagihan:
      -Tes Tulis

·   Bentuk Instrumen
   -Tes Subyektif

1x45 menit
3.3.  Menerapkan fungsi al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari

·   Penjelasan/Tafsir dari:
-    QS Al-Baqarah:185
-    QS Al-Maidah:8
-    QS Asy- Syura:38.
·   Secara berkelompok mendiskusikan penerapan kandungan masing –masing ayat yang terkait dengan isi pokok al-Qur’an.
·   Menggunakan al-Qur’an sebagai petunjuk dalam menyelesaiakan masalah
·   Menerapkan  penyelesaian hukum berdasarkan al-Qur’an
·   Menceritakan pengalaman mengenai penyelesaian masalah yang dihadapi setelah membaca al-Qur’an sebagai peringatan.
·   Menceritakan pengalaman mengenai penyelesaian masalah yang dihadapi setelah membaca al-Qur’an sebagai peringatan.
·   Mengemukakan pengalaman bahwa al-Qur’an mengandung pelajaran untuk pedoman hidup.
·   Jenis Tagihan:
     -Tes Tulis

·   Bentuk Instrumen :
    Tes Subyektif
 
2x45 menit


Standar Kompetensi     : 4. Memahami cara-cara mencari surat dan ayat al-Qur'an 
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
4.1.Menunjuk-kan kitab-kitab yang berhubungan dengan cara-cara mencari ayat dalam Al-Qur’an





·   Penjelasan Kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman.
·   Serta CD al-Qur'an

·   Mencari dan menunjukkan  kitab
·   Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman.
·   Mendengarkan cara mencari  ayat al-Qur'an dengaan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman.
·   Tanya jawab tentang penggunaan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman.dalam mencari ayat
·   Menunjukkan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an
·   Menunjukkan kitab Fath ar-Rahman.
·   Menjelaskan cara menggunakan  kitab Fathurrahman  untuk mencari ayat-ayat dalam al-Qur’an.
·   Menjelaskan cara menggunakan Mu'jam al-Mufahras li alfadzil Qur'an untuk mencari ayat-ayat dalam al-Qur’an.
·   Jenis Tagihan:
   Tes Tulis

·   Bentuk Instrumen :
  Tes Subyektif
2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
·   Al-Qur'anul Kariim
·   Muhammad Fuad Abdul aaqii, Mu'jam Al-Mufahras lialfaadzil qur'anul Karim.
·   Fath Ar-Rahman
·   CD al-Qur'an
4.2.Menerapkan cara-cara mencari surat dan ayat dalam Al-Qur’an 
·   Cara menggunakan  Kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman.
·   CD al-Qur'an


·   Secara berkelompok mempraktekkan  mencari beberapa ayat yang ditugaskan guru dengan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman
·   Menunjukkan ayat yang  dicari dengan menggunakan kitab Mu'jam al-Mufahras li alfaadzil Qur'an dan  kitab Fath ar-Rahman
·   Jenis Tagihan:
  Tes unjuk kerja

·   Bentuk : Instrumen Uji petik kerja
2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan Terjemahannya
·   Al-Qur'anul Kariim
·   Muhammad Fuad Abdul aaqii, Mu'jam Al-Mufahras lialfaadzil qur'anul Karim.
·   Fath Ar-Rahman
·   CD al-Qur'an

Standar Kompetensi     : 5. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang manusia dan tugasnya sebagai khalifah di bumi.
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
5.1  Mengartikan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56

·   Arti -QS. Al-Mukminun:
-    12-14, QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56

·   Membaca ayat tentang proses penciptaan manusia dan  potensinya serta tugasnya sebagai khalifah di bumi .
·   Tanya jawab makna mufrodat secara klassikal.
·   Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan manusia dan tugasnya sebagai khalifah
·   Membaca QS. Al-Mukminun:12-14;
·   Membaca QS. Al-Nahl:78;
·   Membaca QS.Al-Baqarah:30
·   Membaca QS Adz-Dzariyat: 56
·   Menyebutkan makna mufradat
·   Mengartikan QS. Al-Mukminun:12-14
·   Mengartikan QS. Al-Nahl:78
·   MengartiakanQS.Al-Baqarah:30
·   Mengartikan  QS Adz-Dzariyat: 56

·   Jenis Tagihan:
   Tes Tulis

·   Bentuk instrumen:
   Tes Obyektif
   Tes subyektif

2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
·   Mahmud Yunus,Kamus Bahasa Arab.
·   Referensi perpustakaan

5.2  Menjelaskan kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56

·   Kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56

·   Menggali informasi mengenai proses penciptaan manudsia dan  potensinya dari berbagai sumber belajar.
·   Menggali informasi tentang  fungsi dan tugas manusia.
·   Membahas satu persatu kandungan QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56 dengan tanya jawab dan diskusi kelompok

·   Menjelaskan kandungan ayat tentang perkembangan kejadian manusia sebagaimana terkandung dalam QS. Al-Mukminun:12-14
·   Menjelaskan kandungan ayat tentang potensi manusia seperti terkandung dalam QS An-Nahl:78
·   Menjelaskan kandungan ayat tentang fungsi manusia sebagai khalifah sebagaimana yang terkandung dalam  QS.Al-Baqarah:30
·   Menjelaskan kandungan ayat tentang tugas manusia sebagaimana terkandung dalam QS Adz-Dzariyat: 56


·   Jenis Tagihan:
   Tes Tulis

·   Bentuk instrumen:
 Tes subyektif

2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
·   K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul
·   M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
·   Referensi perpustakaan
·   Internet
·   Lingkungan sosial
·   Media audio visual
5.3  Menerapkan perilaku sebagai khalifah di bumi seperti terkandung dalam QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56

·   Fungsi manusia sebagai kholifah:
-    membudayakan alam.
-    mengislamkan budaya.
·   Tugas manusia beribadah:
-    melaksanakan perintah dan menjahui larangan Allah
-    meningkatkan     kualitas ibadah.
·   Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat.
-    QS. Al-Mukminun:12-14; QS. Al-Nahl:78; QS.Al-Baqarah:30 dan QS Adz-Dzariyat: 56
·   Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat.
·   Senantiasa berperilaku baik yang didasari kesadaran akan kehadiran Allah yang dipetik dari kandungan QS. Al-Mu’minun: 12-14
·   Menggunakan beberapa potensi yang ada pada diri manusia (pendengaran, penglihatan dan hati) sesuai ajaran Islam
·   Menggunakan sumber alam sebagai bukti melaksanakan kemakmuran di muka bumi.
·   Mengembangkan nilai budaya dengan mempertahankan nilai-nilai Islam.
·   Membiasakan diri  melaksanakan perintah dan menjahui larangan.
·   Menerapkan peningkatan kualitas ibadah pada setiap harinya.
·   Jenis Tagihan:
-    -Tes Tulis
-    -Tugas

·   Bentuk instrumen
-        -Tes subyektif
-        -Tugas

2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya 
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
·   M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
·   Referensi perpustakaan
·   Internet
·   Lingkungan sosial
·   Media audio visual


Standar Kompetensi     : 6. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an  tentang Demokrasi
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
6.1.  Mengartikan QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38
·   Arti QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38.

·   Membaca ayat tentang demokrasi.
·   Tanya jawab makna mufrodat secara klassikal.
·   Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan demokrasi
·   Membaca QS.Ali Imran 159
·   Membaca QS. Asy Syura: 38
·   Menyebutkan makna mufrodat
·   Mengartikan  QS.Ali Imran 159
·   Mengartikan QS. Asy Syura: 38


·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif

2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
·   Mahmud Yunus,Kamus Bahasa Arab.
·   Referensi perpustakaan
6.2.  Menjelas-kan kandungan QS.Ali Imran  159 dan QS. Asy Syura : 38.

·   Kandungan QS.Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38.

·   Menggali informasi mengenai demokrasi dan pelaksanaannya dari berbagai sumber belajar.
·   Membahas satu persatu kandungan QS. Ali Imran 159 dan QS. Asy Syura: 38.dengan tanya jawab dan diskusi kelompok

·   Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap pemimpin yang lemah lembut  sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159 
·   Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap pemaaf sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159 
·   Menjelaskan kandungan ayat tentang sikap tawakkal setelah bermusyawarah sebagaimana terkandung dalam QS. Ali Imran 159 
·   Menjelaskan kandungan ayat tentang pelaksanaan musyawarah sebagaimana terkandung dalam QS. Asy-Syura:38
·   Jenis Tagihan:
-       -Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-       -Tes subyektif

  2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
·   K.H.Q.Shaleh. H.A.A. Dahlan. Asbabun Nuzul
·   M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
·   Referensi perpustakaan
·   Internet
·   Lingkungan sosial
·   Media audio visual
6.3.  Menerapkan  perilaku hidup demokrasi seperti terkandung dalam QS.Ali Imran  159 dan QS. Asy Syura: 38. dalam kehidupan sehari-hari

·   Perilaku hidup demokrasi dengan cara diantaranya:
·   Bersikap lemah lembut
·   Melaksanakan musyawarah
·   Menerpkan hasil kesepakatan musyawarah
·   Secara berkelompok berdiskusi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari QS.Ali Imran  159 dan QS. Asy Syura: 38.
·   Mengambil kesimpulan setelah berdiskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat.
·   Bersikap menghargai pendapat orang lain
·   Menampilkan perilaku lembah lembut dalam menyelesaikan masalah.
·   Melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan pada saat menyelesaikan masalah.
·   Bersikap bijaksana dalam dalam mengambil keputusan
·   Menerapkan hasil keputusan musyawarah secara bertanggungjawab.
·   Melaksanakan hasil kesepakatan musyawarah dengan  bertawakkal kepada Allah
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis
-    Tugas

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif
-    Tugas individu
2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
·   M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
·   Referensi perpustakaan
·   Internet
·   Lingkungan sosial
·   Media audio visual













Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………


SIlABUS PROGRAM MA

Satuan Pendidkan        : Madrasah Aliyah
Kelas / semester           : X / GENAP
Mata Pelajaran             : Qur'an Hadits.
Alokasi waktu               :  34 jam pelajaran
Standar Kompetensi     :  7. Memahami istilah-istilah hadits

KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
7.1. Mendefinisikan pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi.

·   Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut bahasa.
·   Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut istilah


·   Tanya jawab tentang pengertian  Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut bahasa.
·   Membaca literatur mengenai  pendapat para ahli tentang pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar menurut istilah

·   Menunjukkan pengertian   Hadits,  Sunnah , khabar dan  Atsar menurut bahasa
·   Menjelaskan pengertian Hadits menurut istilah
·   Menjelaskan pengertian  Sunnah  menurut istilah
·   Menjelaskan pengertian khabar menurut istilah
·   Menjelaskan pengertian Atsar menurut istilah
·   Menjelaskan pengertian Hadits Qudsi menurut istilah
·   Mendefinisikan Hadits, Sunnah, Khabar dan Atsar menurut  istilah
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen:
-    Tes subyektif
-    Tes obyektif
2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Azhar Basyir,
·   Rangkuman
·   Ilmu Mustholah
·   Hadis
·   M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
·   Referensi di perpustakaan
·   Internet


7.2. Membanding kan pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi.
·   Persamaan dan perbedaan Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar.
·   Secara berkelompok mengidentifikasi Persamaan dan perbedaan Pengertian Hadits, Sunnah, Khabar, dan Atsar.
·   Mengidentifikasi ciri pengertian hadis, sunnah, khabar, atsar dan hadis Qudsi
·   Membedakan pengertian Hadis, Sunnah, Khabar dan Atsar serta hadis Qudsi
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis
·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif
-    Tes obyektif
2x45 menit
7.3. Menerapkan pengertian Hadits, Sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi.

·   Beberapa bacaan Hadits yang lengkap sanad matan dan rowinya
·   Secara berkelompok berdiskusi untuk menentukan masing-masing Hadits, Sunnah (sunnah qauliyah, sunnah fi’liyah dan sunnah taqririyah), Khabar, Atsar dan Hadits Qudsi.

·   -Menunjukkan sabda Nabi yang termasuk hadits 
·   Menunjukkan sabda Nabi yang termasuk sunnah qauliyah
·   Menunjukkan lafadz hadits yang termasuk  termasuk sunnah fi’liyah
·   Menunjukkan lafadz hadits yang termasuk sunnah taqririyah
·   Menunjukkan lafadz dalam hadits yang termasuk khabar
·   Menunjukkan lafadz dalam hadits yang termasuk atsar

·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif

2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Azhar Basyir,
·   Rangkuman
·   Ilmu Mustholah
·   Hadis
·   M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
·   TM Hasbi Ashshiddiqi , Sejarah/Pengantar Ilmu Hadis
·   Referensi di perpustakaan
·   Internet


Standar Kompetensi     : 8. Memahami sanad dan matan hadits
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
8.1.Menjelaskan pengertian sanad dan matan.

·   Pengertian sanad dan matan menurut bahasa dan istilah

·   Tanya jawab tentang
·   pengertian sanad dan matan menurut bahasa.
·   Membaca literatur untuk menggali  pendapat para ahli tentang pengertian sanad dan matan menurut istilah
·   Tanya jawab secara klassikal dan mendengarkan penjelasan mengenai pengertian sanad dan  matan menurut istilah.
·   Menunjukkan pengertian sanad dan matan  menurut bahasa
·   Menjelaskan pengertian sanad dan matan menurut istilah
·   Membedakan istilah sanad dan rawi dalam hadis 

·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif

2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Azhar Basyir,
·   Rangkuman
·   Ilmu Mustholah
·   Hadis
·   M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
·   TM Hasbi Ashshiddiqi , Sejarah/Pengantar Ilmu Hadis
·   Referensi di perpustakaan
·   Internet

8.2.Menunjuk-kan sanad dan matan dalam hadits
·   Beberapa bacaan Hadits yang lengkap sanad matan dan rowinya
·   Secara berkelompok membaca dan meneliti lafadz hadits Nabi.
·   Menentukan sanad dan matan dalam setiap hadits Nabi.
·   Mengidentifikasi  sanad dan matan dalam hadis.
·   Menentukan sanad  dalam hadits
·   Menentukan  matan dalam hadits
·   Jenis Tagihan:
-    Tugas

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif
2x45 menit


Standar Kompetensi     : 9.   Mendeskripsikan fungsi hadits terhadap  al-Qur’an
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
9.1. Menjelaskan fungsi hadits terhadap al-Qur’an





·   Kedudukan hadis sebagai sumber hukum Islam ke dua.
·   Macam fungsi hadis terhadap al-Qur'an:
-     Bayan At-Taqrir
-     Bayan At-Tafsir
-     Bayan At-Tasyri'
·   Membaca  literartur untuk menggali materi  yang berkaitan dengan kedudukan dan  fungsi hadits terhadap al-Qur’an
·   Tanya jawab dan mendengar penjelasan tentang pengertian masing-masing fungsi hadits terhadap al-Qur’an
·   Berdiskusi kelompok untuk membahas masalah yang terkait dengan fungsi hadits
·   Menjelaskan kedudukan hadis sebagai sumber hukum Islam .
·   Menjelaskan fungsi hadits sebagai bayan at-taqrir
·   Menjelaskan fungsi hadits sebagai bayan at-tafsir
·   Menjelaskan fungsi hadits sebagai bayan at-tasyri’
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif

2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Azhar Basyir,
·   Rangkuman
·   Ilmu Mustholah
·   Hadis
·   M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
·   Hadis, Jakarta: Bulan Bintang
·   Referensi di perpustakaan
·   Internet
9.2. Menunjuk-kan contoh fungsi hadits terhadap al-Qur’an.

·   Contoh Bayan At-Taqrir
·   Contoh Bayan At-Tafsir
·   ContohBayan At-Tasyri'
·   Tanya jawab dan berdiskusi membahas contoh masing-masing fungsi hadits terhadap al-Qur’an.

·   Menunjukkan contoh fungsi hadits sebagai bayan At-Taqrir
·   Menunjukkan contoh fungsi hadits sebagai bayan At-Tafsir
·   Menunjukkan contoh fungsi hadits sebagai bayan At-Tasyri’
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif

2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Azhar Basyir,
·   Rangkuman
·   Ilmu Mustholah
·   Hadis
·   M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
·   Referensi di perpustakaan
·   Internet
9.3. Menerapkan fungsi hadits terhadap al-Qur’an.

·   Penerapan Bayan At-Taqrir; Bayan At-Tafsir dan Bayan At-Tasyri'
·   Berdiskusi mengenai pelaksanaan fungsi hadits terhadap al-Qur’an dalam kehidupan, yang berkaitan dalam masalah ibadah maupun hukum


·   Menentukan waktu awal dan akhir ramadhan berdasarkan hadits sebagai pelaksanaan bayan at-taqrir
·   Melaksanakan hukuman untuk pencuri berdasarkan hadits sebagai pelaksanaan bayan at-tafsir
·   Menetapkan hukum menikahin wanita karena sepersusuan berdasarkan hadits sebagai bayan at-tasyri’
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif

2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Azhar Basyir,
·   Rangkuman
·   Ilmu Mustholah
·   Hadis
·   M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
·   Referensi di perpustakaan
·   Internet


Standar Kompetensi     : 10. Memahami pembagian hadits dari segi kuantitas dan kualitasnya
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
10.1. Menjelaskan pembagian hadits dari segi kuantitas-nya.

·   Pembagian hadits dari segi kuantitasnya:
-    Hadits Mutawatir
-    Hadits Masyhur
-    Hadits ’aziz
-    Hadits gharib

·   Membaca  literartur untuk menggali materi  yang berkaitan dengan pembagian hadits dari segi kuantitasnya
·   Tanya jawab dan mendengar penjelasan tentang pengertian masing-masing hadits ditinjau dari segi  kuantitasnya

·   Menjelaskan pengertian hadits Mutawatir
·   Menjelaskan pengertian hadits Masyhur
·   Menjelaskan pengertian hadits ’Aziz
·   Menjelaskan pengertian hadits gharib
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif

2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Azhar Basyir,
·   Rangkuman
·   Ilmu Mustholah Hadis
·   M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
·   Referensi di perpustakaan
10.2.Menjelaskan pembagian hadits dari segi kualitasnya
·   Pembagian hadits dari segi kualitasnya:
-    Hadits Shohih
-    Hadits Hasan
-    Hadits Dho’ if
·   Membaca  literartur untuk menggali materi  yang berkaitan dengan pembagian hadits ditinjau dari segi kualitasnya
·   Tanya jawab dan mendengar penjelasan tentang pengertian masing-masing hadits ditinjau dari segi kualitasnya beserta ciri-cirinya

·   Menjelaskan pengertian hadits shohih
·   Menjelaskan pengertian hadits hasan
·   Menjelaskan pengertian hadits dho’if
·   Menerangkan ciri-ciri hadits shohih
·   Menerangkan ciri-ciri hadits hasan
·   Menerangkan ciri-ciri hadits dha’if
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif
-    Tes obyektif
2x 45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Azhar Basyir,
·   Rangkuman
·   Ilmu Mustholah Hadis
·   M. Ajjaj al-Khathib, Ushul al-Hadis
·   TM Hasbi Ashshiddiqi, Pokok-Pokok Ilmu Dirayah Hadis, Jakarta: Bulan Bintang
·   Referensi di perpustakaan
·   Internet

Standar Kompetensi     : 11. Memahami ayat-ayat al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah
KOMPETENSI DASAR
MATERI
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
11.1. Mengartikan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.

·   Arti Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.

·   Membaca ayat tentang keikhlasan dalam beribadah
·   Tanya jawab makna mufrodat secara klassikal.
·   Secara berpasangan siswa saling menyimak untuk mengartikan masing-masing ayat yang terkait dengan keikhlasan dalam beribadah

·   Membaca QS. Al-An’am: 162-163
·   Membaca QS. . Al-Bayyinah: 5
·   Membaca hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.
·   Menyebutkan makna mufradat
·   Mengartikan QS. Al-An’am: 162-163
·   Mengartikan QS. Al-Bayyinah: 5
·   Mengartikan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.


·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif
-    Tes obyektif
2x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
·   M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
·   Referensi perpustakaan
·   Internet
11.2.Menjelaskan kandungan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah

·   Penjelasan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah
·   Yang menegaskan perintah hanya menyembah Allah dan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus dan ikhlas.

·   Menggali informasi mengenai ikhlas dalam beribadah dari berbagai sumber belajar.
·   Membahas satu persatu kandungan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5. dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dengan tanya jawab dan diskusi kelompok

·   Menjelaskan kandungan ayat tentang tentang sholat, ibadah, hidup dan mati manusia hanya untuk Allah sebagaimana terkandung dalam QS. Al-An’am :162
·   Menjelaskan kandungan ayat tentang  larangan syirik seperti  terkandung dalam QS Al-An’am : 163
·   Menjelaskan kandungan ayat tentang memurnikan ketauhidan sebagaimana yang terkandung dalam  QS.Al-Bayyinah :5
·   Menjelaskan kandungan ayat tentang
·   perintah mendirikan sholat sebagaimana terkandung dalam QS Al-Bayyinah:5
·   Menjelaskan kandungan ayat tentang
·   perintah mendirikan sholat sebagaimana terkandung dalam QS Al-Bayyinah:5
·   Menjelaskan kandungan hadits tentang ikhlas dan istiqomah sebagaimana terkandung dalam hadits tentang ikhlas dalam ibadah
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif
-    Tes obyektif
4x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas 
·   M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
·   Referensi perpustakaan
·   Internet
11.3.Menunjukkan  perilaku orang yang mengamal-kan Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.

·   Contoh-contoh orang yang hanya  menyembah Allah dan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus dan ikhlas.

·   Memperhatikan tayangan melalui media audio visual sosok orang yang ikhlas.
·   Secara berkelompok berdiskusi mengenai ciri-ciri sosok orang yang memiliki keikhlasan dalam beribadah dan memurnikan ketauhidan sebagaimana terkandung dalam
      Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.
·   Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat.
·   Menunjukkan figur ulama yang dalam menghadapi kehidupannya menampilkan perilaku memurnikan ketauhidan kepada Allah.
·   Menunjukkan sosok manusia yang dalam sholat, ibadah, dan segala aktifitasnya hanya untuk mencari ridlo Allah
·   Menunjukkan perilaku orang yang khusyu dan istiqomah dalam sholat.
·   Menunjukkan perilaku orang yang secara nyata menunaikan zakat apabila mencapai nisabnya dan gemar bershodaqah.
·   Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan ibadah puasa secara istiqomah.
·   Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan ibadah ib
·   Menunjukkan perilaku orang yang melaksanakan,membaca al-Qur’an  secara istiqomah.
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis
-    Tugas

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif
-    Tugas individu
4x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
·   Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
·   M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
·   Referensi perpustakaan
·   Internet
·   Lingkungan sosial
·   Media audio visual
·   Media cetak
11.4.Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti yang terkandung dalam QS.  Al-An’am: 162-163 ; Q.S. Al- Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah.
·   Contoh-contoh orang yang hanya  menyembah Allah dan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus dan ikhlas.

·   Secara berkelompok mengadakan simulasi bagaimana menerapkan  kandungan masing –masing ayat dari
·   Q.S. Al-An’am: 162-163; Q.S. Al-Bayyinah: 5 dan hadits tentang keikhlasan dalam beribadah dan menjauhkan dari sifat syirik.
·   Mengambil kesimpulan setelah bersimulasi dan diskusi mengenai penerapan dari kandungan masing-masing ayat 
·   Menerapkan sholat wajib 5 waktu tepat waktu tanpa disuruh
·   Melaksanakan ibadah sunnah dengan istiqomah
·   Meningkatkan kualitas ibadah sebagai wujud ketaatannya kepada Allah
·   Memberikan bantuan materi secara spontanitas dalam berbagai aktifitas sosial.
·   Melakukan perbuatan sebagai perwujudan dari  sikap kepedulian sosial yang tinggi dalam situasi kondisi apapun
·   Melakukan aktifitas kehidupan jauh dari sifat syirik
·   Melaksanakan tugas bukan karena pujian manusia.
·   Mengerjakan kewajiban dalam hidup bukan karena ingin mendapatkan materi
·   Melaksanakan segala aktifitas hanya mengharapkan ridlo Allah.
·   Jenis Tagihan:
-    Tes Tulis
-    Tugas

·   Bentuk instrumen
-    Tes subyektif
-    Tugas individu
4x45 menit
·   Buku pelajaran siswa
·   Depag. Al-Qur'an dan terjemahannya
·   Hamka, Tafsir al-Azhar,Jakarta, Pustaka Panjimas
·   Humaidi Tata Pangarsa, Akhlak Mulia
·   M.Quraish Shihab,Tafsir al-Mishbah.
·   Referensi perpustakaan
·   Internet
·   Lingkungan sosial
·   Media audio visual
·   Media cetak






Mengetahui,
Kepala MA



……………………………

…………….. ……..,  20…..
Guru Mata Pelajaran



……………………………





























































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar